Toyota Fortuner Terbaru Ahirnya 4x4 | MOBILVAGANZA
Menu

Toyota Fortuner Terbaru Ahirnya 4x4


Berakhirnya Penantian Yang Lama
TOYOTA pada 2012 merespon “kritik” bahwa kemampuan mesin Toyota Fortuner masih belum ideal dengan bobotnya. Fortuner VNTurbo (Variable Nozzle Turbo) sebagai jawaban dan jitu. Namun, saat itu tetap ada ganjalan yaitu sistem penggerak rodanya masih 4x2 (rear-wheel drive). Dua tahun kemudian, tepatnya Selasa 5 Agustus 2014, Fortuner 4x4 VNT 2.5 G mengobati kegundahan para penyuka SUV sejati.
"Perpaduan keunggulan mesin VNT diesel dengan ketangguhan sistem full time 4x4 membuat Fortuner G 4x4 VNT powerful. Sehingga, konsumen memiliki pilihan yang lengkap akan kendaraan tangguh untuk offroad serta mewah untuk perkotaan,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin. 

Dengan menggunakan sistem full-time 4x4 (4WD/wheel drive) atau permanen 4WD, seluruh roda Fortuner bergerak aktif pada kondisi permukaan jalan apapun (on-road maupun off-road). Gerak 4-roda Fortuner bekerja aktif secara terus-menerus saat mobil melaju. Berkat sistem full-time 4WD, pengemudi tak perlu repot lagi memindahkan mode gerak 4-roda secara manual ketika menghadapi kondisi jalan berbeda; misalnya tiba-tiba kondisi jalan berubah menjadi licin atau terjal. 

Kelebihan sistem full-time 4WD Fortuner mempunyai kemampuan menjelajah medan off-road setara dengan part-time 4WD, karena juga memiliki low-range gear. Jadi, Fortuner 4x4 VNT 2.5 G—selain bisa diajak “city tour”—juga dapat digunakan untuk melibas medan berat saat Anda kunjungan ke lokasi tambang atau kebun sawit. Dan tentu, dengan sistem penggerk full-time 4WD pengendaraan Fortuner ini menjadi lebih stabil serta aman.


Selain menjejalkan sistem penggerak full time 4x4, Toyota juga melakukan perubahan pada sejumlah bagian eksterior dibanding generasi sebelumnya. Pada bagian wajah terdapat smoke headlamp (lampu belakang smoke juga) menambah kesan galak Fortuner 4x4 VNT. Foglampnya baru dengan ornamen krom sehingga terlihat lebih manis. Tampak samping pun ada yang berubah, keempat sudutnya menggunakan velg berwarna Dark Grey memunculkan kesan kokoh. Bagian eksterior lain masih sama dengan generasi sebelumnya. Di depan terdapat Daytime Running Light, Retractable Outer Mirror dengan lampu sein. Di atap mobil terpasang roof rail.
Begitu juga dengan sumber tenaga, Fortuner 4x4 VNT menggunakan mesin yang sama seperti tipe Fortuner VNT (4x2). Ia mengandalkan mesin 2KD-FTV D4D Common Rail 2.5L yang mampu memproduksi tenaga hingga 142hp dengan torsi puncak 343Nm pada 1.600-2800rpm. Sehingga, performa atau akselerasi Fortuner VNTurbo di semua putaran mesin terasa lebih “nendang” ketimbang tipe non-VNT.
Oh yaah…Teknologi VNT ini menggunakan turbin kompresor dengan bilah/sudu yang bisa diatur sudut bukaannya, tergantung beban mesin, putaran mesin, dan beberapa variable lainnya. Pada VNT, aliran gas buang yang mendorong turbin dapat diatur dengan mengontrol sudut bilah/sudu turbin melalui penggerak motor listrik (elektronik), sesuai dengan putaran mesin. 

Pada putaran rendah, ketika tekanan gas buang masih lemah dan tidak efektif memutar turbin maka sudut bukaan bilah/sudu ditutup (diperkecil). Sehingga, gas buang mengalir di area sempit dan otomatis akan meningkatkan tekanannya. Hasilnya, turbin kompresor mampu berputar lebih kencang untuk mengisap oksigen yang lebih banyak dari luar meski tekanan aliran gas buang saat itu masih lemah (putaran mesin rendah).
Semakin tinggi putaran mesin, sudut bukaan bilah/sudu makin besar untuk menghindari tekanan berlebihan yang bisa merusak perangkat turbo. Dengan posisi sudut bukaan bilah/sudu yang bisa berubah, maka putaran turbin kompresor bisa lebih kencang pada putaran mesin rendah, menengah, hingga tinggi.
Intercooler alias pendingin udaranya ditempatkan di antara turbo dan intake manifold untuk menurunkan kembali suhu udara yang panas agar kandungan oksigen yang diisap menjadi lebih rapat/padat untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Nah, sumber pendingin adalah hembusan udara luar yang dialirkan dari air scoop pada kap mesin Fortuner Diesel VNT.
Sama seperti mesin, interior pun tidak mendapat sentuhan pembaruan. Kabin Fortuner 4x4 disapu warna Sand Beige dipadu dengan ornamen kayu corak Dark Espresso sehingga terlihat mewah. Setir diberi lapisan kulit lengkap dengan tombol untuk memudahkan pengemudi saat mengatur sistem audio 2DIN yang tersalur ke enam speaker. Di tengah dashboard terpampang layar sentuh 7-inci. Tersedia fasilitas koneksi untuk dvd, ipod, Bluetooth, DVD, CD, MP3, dan dial shortcut. Dan, kota serta alam bebas pun jadi milik Anda.



Toyota New Fortuner 4x4 VNT 2.5 G AT
Harga Dasar                            Rp 480 juta
Layout Kendaraan                  Mesin depan, 5-pintu, 7-penumpang, 4x4
Drivetrain                                4-silinder segaris, diesel, 2.5liter, DOHC, 16V, D4D, VN Turbo Intercooler
Tenaga Maksimal                    142hp @3.400rpm
Torsi Maksimal                        343Nm @1.600-2.800rpm
Transmisi                                 AT 4-kecepatan dengan super ECT
Dimensi (PxLxT)                    4.705 x 1.840 x 1.850 mm
Wheelbase                               2.750 mm
Tangki                                     65 Liter
Dipasarkan di Indonesia         Agustus 2014


Share This:

Post Tags:

No Comment to " Toyota Fortuner Terbaru Ahirnya 4x4 "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM