Kia Sportage Platinum Terbaru Lebih Menggigit | MOBILVAGANZA
Menu

Kia Sportage Platinum Terbaru Lebih Menggigit

Deretan  angka dan hurufnya bukan isapan jempol.

Kekuatan cita rasa sentuhan Peter Schreyer, chief design officer Kia Motors, pada Kia New Sportage generasi ketiga masih mempunyai daya pukau. Padahal secara keseluruhan bahasa desain new Sportage 2014 masih sama dengan model tahun 2012.
Hanya saja model terbaru Sportage ini—selain tetap ganteng—terlihat lebih elegan dan stylish. Berkat grille krom terbaru, kisi udara pola segitiga rapat, foglamp bereflektor besar dan memanjang yang bergabung di bibir spoiler dengan sedikit aksen krom di bagian atasnya. Ada juga kontribusi dari headlamp dengan LED daytime running light, yang dilengkapi escort lamp yang menyala selama 30 detik setelah mesin dimatikan. Sumbangsih dari sektor buritan berupa taillamp anyar yang ekspresif dengan reflektor merah menyala dikombinasi dengan posisi baru lampu mundur yang menyatu di ruang bawah reflektor. Tak ketinggalan antena sirip hiu yang bertengger di bagian atas.
Namun, seperti sebuah topping—di luar faktor fungsi—eksterior tersebut lebih sebagai penggugah rasa estetis. Tidak mungkin saya hanya melahap bagian atas dari sebuah hidangan tanpa mencecap substansinya. Oleh karena itu, jujur, yang paling menarik perhatian dan penting bagi saya adalah perubahan mesin pada new Sportage. Bagian inilah yang selalu memunculkan hasrat untuk menjajal performa sebuah mobil, tentu termasuk kualitas pengendaraannya. Beruntung, KIA Mobil Indonesia segera merespon dan meminjamkan new Sportage Platinum sebagai varian tertinggi.
Masuk ke dalam new Sportage Platinum saya tidak menemukan hal baru, kecuali fitur navigasi GPS yang tersaji di layar sentuh berukuran 5,5-inci. Selebihnya, interior mobil ini sama dengan generasi sebelumnya. Sentuhan kulit mendominasi lingkar kemudi, trim panel pintu, armrest, dan keseluruhan jok. Fasilitas infotainment CD, DVD, TV tuner dan koneksi Bluetooth sync, USB, serta sistem internet mengisi tengah dashboard. Ups…ada tambahan fitur baru lainnya yaitu 2-step adjustable 2nd Seat back recliner. Fitur ini memudahkan dalam pengaturan posisi duduk yang ideal bagi penumpang belakang. Sehingga, penumpang belakang akan lebih merasa nyaman menikmati film favorit lewat monitor di headrest jok depan.
Kenop-kenop pengoperasian fungsional maupun hiburan bisa dijangkau dengan mudah, setelah saya mengatur jok elektrik di balik kemudi. Posisi commanding khas SUV tentu menjadi bagian dari new Sportage ini, dan saya pun menikmati perasaan superior saat di jalanan. Visibilitas ke depan lapang, termasuk ke belakang dan kiri-kanannya nyaris tanpa halangan.
Desis terdengar dari mesin bensin anyar new Sportage Platinum tipe Nu 4-silinder segaris, Dual CVVT, 2.0L DOHC 12-katup. Desible meter menunjuk pada angka 52,2dB; lumayan senyap. Mesin ini diklaim berperforma optimal dengan efisiensi bahan bakar lebih baik, dibanding mesin Theta II 2.0 D-CVVT yang ada pada generasi terdahulu. Saya tak lagi sanggup menguasai rasa ingin tahu yang berlebihan. Tekan pedal akselerator lumayan dalam, dan kedua tangan saya meregang berlawanan arah depan-belakang. Respon mesin barunya terasa sangat berbeda dengan generasi terdahulu yang pernah kami uji.
Lebih menggigit! Di atas kertas tenaga kuda dan torsi maksimal mesin 2.000cc Kia terbaru tersebut lebih kecil. Mesin pada new Sportage menghasilkan tenaga maksimal 156hp dan torsi puncak 194Nm. Sedangkan mesin lama berdaya kuda 164hp dan torsi maksimal 197Nm. Namun, engineer Kia merancang torsinya bisa diperoleh pada putaran mesin yang lebih rendah dibanding mesin Theta II; yaitu pada 4.000rpm versus 4.600rpm.
Itulah yang membuat new Sportage langsung melejit saat saya injak pedal gas dari posisi diam. Respon mesin seperti ini ideal untuk melahap lalulintas stop-and-go di perkotaan. Sekaligus menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien. Tampak di MID rata-rata konsumsi bahan bakar gabungan di jalan perkotaan dan tol satu liter banding 10,2 liter. Pola pengendaraan selama pengetesan lebih banyak normal, sisanya “ugal-ugalan”. Oh yah…dengan torsi diperoleh di putaran bawah New Sportage ini lumayan menyenangkan untuk diajak “ugal-ugalan”. Juga, berkat kontribusi dari motor driven power steering yang memang berfungsi untuk kelincahan kendaraan ketika bermanuver. Pernyataan GM Product Dev. PT KIA Mobil Indonesia, Arifani Perbowo, pada Motor Trend Indonesia edisi Mei, bukan isapan jempol. "Memang output mesin secara keseluruhan sedikit lebih kecil ketimbang mesin lama, tapi torsi puncaknya kini bisa didapat di rpm yang lebih rendah."
Bahkan aliran torsi terus mengalir hingga putaran tinggi secara merata. Sehingga, saya pun masih bisa menyentak mobil pada saat kecepatan tinggi. Dan, new Sportage ini mampu melaju dari diam hingga mencapai 100km/jam dalam 12 detik (transmisi otomatis) dan 11,5 detik dengan manumatik. Pada kecepatan sedang maupun tinggi kualitas pengendaraannya terasa stabil. Suspensi bekerja dengan baik dan mampu menyerap energi akibat benturan ban dengan lubang. Terasa lebih stiff ketimbang pada generasi sebelumnya, tapi tidak sampai mengganggu kenyamanan penghuni kabin. Hanya saja saat melibas tikungan dalam kecepatan sekitar 70km/jam mobil terasa agak limbung. Jika kecepatan sedikit dikurangi, gejala limbung tersebut hilang.
Dan, dengan segala yang dimilikinya new Sportage, seharusnya KIA Mobil Indonesia mempunyai modal yang lebih dari cukup untuk membuka mata konsumen mobil Indonesia. 




New KIA Sportage Platinum 2014
Harga dasar                           Rp 418 juta (on the road)
Layout kendaraan                Mesin depan, SUV, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Drivetrain                              4-silinder segaris, bensin, Dual CVVT, 2.0L DOHC 12-katup, 152hp @6.500rpm, 194Nm @4.000rpm
Transmisi                               Otomatis 6-speed
Dimensi (PxLxT)                   4.440 x 1.855 x 1.635 mm (1.645 dengan roofrack)
Wheelbase                              2.640 mm
Tangki                                    55 liter
Kecepatan 0-100km/jam       12 detik (otomatis) & 11,5 detik (manumatik)
0-400 meter                            18,5 detik @124km/jam & 18,1 detik @127km/jam
Kekedapan kabin                  Idle                  52,2dB
40km/jam        58,9dB
60km/jam        59,6dB
80km/jam        63,7dB
100km/jam      66,0dB
Dipasarkan di Indonesia      Awal 2014

Share This:

Post Tags:

No Comment to " Kia Sportage Platinum Terbaru Lebih Menggigit "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM