Ini Nama-nama Unik Mobil di Kurdistan | MOBILVAGANZA
Menu

Ini Nama-nama Unik Mobil di Kurdistan


MobilVaganza – Sebuah mobil terkadang mempunyai nama atau julukan tertentu. Ada yang menarik dengan masyarakat di Kurdistan, Irak bagian utara, sejak makin banyak mobil asing masuk pasca Saddam Hussein jatuh pada 2003. Namun, mereka mengalami masalah dengan pengucapan beberapa nama mobil. Mereka pun menempuh cara sederhana yaitu menggunakan julukan untuk sebuah mobil. Seringkali mereka mencomot nama dari public figure, atau paling tidak yang terkenal di Kurdistan. Sebetulnya pada akhir 1990-an mulai masuk kendaraan dari luar dan juga mendapat julukan.

Seperti dilansir The Wall Street Journal, Chrysler 300 dinamai mereka dengan “Obama”—mungkin karena mobil itu salah satu kendaraan yang dimiliki Barack Obama sebelum menjabat presiden AS. Toyota Land Cruiser suatu ketika disebut “Monica”—Monica Lewinski yang terlibat skandal dengan Bill Clinton. Namun, sekarang dinamai “Wanawsha”, aktris setempat yang dinilai berkelas, karena mereka memandang Land Cruiser sebagai SUV yang megah.

Sabaw, aktris Kurdi lain, juga dipakai untuk menamai Toyota Corolla, diidentikkan dengan kerampingannya. Tapi, versi taksinya yang bercat kuning dinamai Pikachu. Kia Soul dikenal dengan sebutan Potin (sepatu militer). Mercedes-Benz E-Class lama berjuluk Niew Dinar yang terinspirasi headlight-nya dan BMW 3-Series menyandang nama Chowbro (eyebrow) karena headlamp-nya yang sipit. Pikap Great Wall Deer dikenal dengan Shamal (angin) karena kecepatannya. Sedangkan untuk pikap empat-pintu yang besar dinamai Marzia, penyanyi setempat berpostur besar.

Share This:

Post Tags:

No Comment to " Ini Nama-nama Unik Mobil di Kurdistan "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM