All-New Mazda2 SKYACTIV Debut di IIMS 2014 | MOBILVAGANZA
Menu

All-New Mazda2 SKYACTIV Debut di IIMS 2014


MOBILVAGANZA – All-New Mazda2 SKYACTIV meluncur di ajang Indonesia International Motor Show 2014. Dengan tampilan dan”isi” serba baru serta mengadopsi fitur terlengkap kendaraan Mazda generasi keenam, Mazda2 SKYACTIV dijual dalam harga antara Rp 225 juta hingga Rp 270 juta. Sesuai namanya, All-New Mazda2 hadir dengan tiga elemen kunci Mazda, yaitu teknologi SKYACTIV Technology, KODO – "Soul of Motion" Design, dan i-ACTIVSENSE.

Teknologi SKYACTIV merupakan perpaduan sempurna dari performa berkendara, teknologi ramah lingkungan, serta keamanan terdepan. Mesin SKYACTIV-G 1.5L yang digunakan sangat efisien m karena faktor teknologi injeksi langsung, rasio kompresi sangat tinggi yaitu 13:0:1, berbobot ringan, dan resistensi mekanis yang rendah. Dengan dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan 4-2-1, mesin ini memberikan lebih banyak keunggulan dalam efisiensi bahan bakar, kontrol performa, dan emisi pada kelasnya.


Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi 6-keecepatan yaitu SKYACTIV-MT dan transmisi otomatis SKYCTIV-DRIVE. Dengan kemampuan lock-up range yang dapat diperpanjang hingga 93 persen, pengemudi dapat menikmati sensasi berkendara yang menakjubkan layaknya menggunakan transmisi manual; perpindahan antar gigi yang sangat cepat dan halus. Tidak hanya itu, transmisi ini juga memberikan keunggulan lainnya, seperti efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi serta akselerasi bertenaga dan halus dalam beragam kondisi berkendara.

Sedangkan SKYACTIV-MT merupakan generasi terbaru transmisi manual 6-kecepatan yang menawarkan shift stroke yang sama pendek dan perpindahan positif serta ringan seperti pada Mazda MX-5. Ini terjadi karena perancangan ulang dari mekanisme perpindahan internal untuk aksi yang lebih efisien dan friksi yang minimum.


Sementara itu, perpaduan SKYACTIV-BODY dan SKYACTIV-CHASSIS pada Mazda2 terbaru ini menciptakan karateristik handling yang ringan; stabilitas berkendara yang menciptakan kepercayaan diri; dan kenyamanan berkendara yang membantu meminimalisir kelelahan selama perjalanan jauh. Dengan teknologi SKYACTIV-BODY memungkinkan rangka kendaraan ini menjadi 10 persenlebih ringan, namun 22 persen lebih kokoh dibandingkan Mazda2 sebelumnya. Mazda menggabungkan dua hal yang umumnya bertentangan, yakni bobot yang lebih ringan dengan performa keamanan dan rigiditas yang lebih baik.

Sedangkan SKYACTIV-CHASSIS  pada suspensi depan dan belakang memberikan sensasi kenyamanan untuk dikendarai. Termasuk meningkatkan respon terhadap input pengemudi. Ini membuat Mazda2 SKYACTIV lincah di kecepatan rendah dan sedang, namun tetap stabil di kecepatan tinggi. Di samping suspensi, sistem kemudinya menghasilkan handling gesit dengan respon sesuai input pengemudi. Revisi pada sistem Electric Power-Assisted Steering, rasio steering-gear yang lebih cepat, dan steering-gear mounts yang lebih rigid; juga berperan dalam mencapai performa handling yang unggul.

Selain performa dan keamanan berkendara, All-New Mazda2 juga mengadopsi fitur i-Stop (idling stop system). Fitur ini secara otomatis menghentikan kerja mesin saat kendaraan, fungsinya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Mesin akan kembali hidup secara otomatis saat pedal rem dilepas atau gas mulai dipijak. Sistem restart mesin ini bekerja dengan sangat halus dan hanya membutuhkan waktu singkat sekitar 0,35 detik.

Untuk memberikan visibilitas fungsional yang lebih baik dengan kesan futuristik, Mazda2 ini menggunakan desain lampu depan dengan empat buah Light Emitting Diode (LED). Headlamp tersebut  menggunakan projector-type dan parabolic LED lamp. Dengan penambahan round light guide, lampu-lampu ini menyerupai sorotan tajam binatang buas.


Interior All-New Mazda2 memadukan unsur-unsur seperti satin chrome, panel piano black, dan panel dengan tekstur serat karbon. Jok depan kanan dirancang untuk merangkul pengemudi dan area penumpang dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kelegaan yang maksimal.

Seperti pada Mazda6 SKYACTIV, All-New Mazda2 juga dilengkapi i-ACTIVSENSE. Teknologi keamanan aktif ini dirancang untuk mengingatkan pengemudi, membantu mengantisipasi, dan mencegah bahaya dalam perjalanan. Tiga fitur i-ACTIVSENSE yang tertanam dalam kendaraan ini yaitu Advanced Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert dan Smart City Brake Support


Menariknya lagi, All-New Mazda2 merupakan kendaraan pertama Mazda di Indonesia yang dilengkapi MZD Connect. Fitur ini memungkinkan penggunaan konektivitas internet dan layanan social networking dengan aman dan mudah ketika sedang transit. Juga, berperan sebagai entertainment hub yang memungkinkan pemutaran beragam format media yang populer.

All-New Mazda2 sangat berpeluang mendapat respon bagus dari publik Indonesia. "Sejak pertama kali diluncurkan pada 2009, Mazda2 memperoleh sambutan hangat dari penggemar hatchback tanah air, terbukti dengan keberhasilannya meraih beberapa penghargaan otomotif bergengsi dari dalam dan luar negeri. Melanjutkan kesuksesan tersebut, All New Mazda2 kembali dihadirkan dengan standar baru yang melampaui ekspektasi para Zoom-Zoom lovers," Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia. 

 
Tersedia lima varian All-New Mazda2; V grade  transmisi manual, V grade  transmisi otomatis, R grade transmisi manual, R grade  transmisi otomotis, dan GT grade transmisi otomatis. Untuk memberikan pilihan warna yang beragam, All-New Mazda2 hadir dengan serangkaian warna yang menarik; di antaranya Soul Red Premium Metallic, Dynamic Blue Mica, Snowflake White Pearl Mica, Black Mica, Metropolitan Grey Mica, dan Aluminium Metallic.

Share This:

Post Tags:

No Comment to " All-New Mazda2 SKYACTIV Debut di IIMS 2014 "

  • To add an Emoticons Show Icons
  • To add code Use [pre]code here[/pre]
  • To add an Image Use [img]IMAGE-URL-HERE[/img]
  • To add Youtube video just paste a video link like http://www.youtube.com/watch?v=0x_gnfpL3RM